Makanan Peningkatkan Proses Otak Manusia

Minggu, 10 Mei 2009

1. INGATAN JANGKA PENDEK (SHORT TERM MEMORY)
(+) KOPI
Kafein dalam kopi dapat menghambat penurunan fungsi otak akibat penuaan dan membangkitkan fungsi otak untuk ingatan jangka pendek. Kopi juga dapat meningkatkan kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah.
(-) MINUMAN PENAMBAH ENERGI/KOPI YANG TERLALU BANYAK
Terlalu banyak mengkonsumsi kafein dapat mengakibatkan kacaunya jam tidur kita. padahal tidur merupakan salah satu cara paling baik dalam penyegaran otak.
2. UNTUK BERPIKIR LEBIH CEPAT
(+) IKAN SALMON
salmon mengandung 0mega-3 yang digunakan sebagai bahan baku pembentukan jaringan selaput otak. jadi hal ini dapat meningkaykan daya berpikir manusia. selain itu salmon juga kaya akan niacin, yang bisa mencegah atau menghambat efek dari penyakit Alzheimer
(-) ES KRIM DENGAN KANDUNGAN LEMAK TINGGI
ada dua macam lemak, lemak jenuh dan lemak takj jenuh. lemak jenuh dapat menghambat aliran darah, sehingga akan mengurangi pasokan darah ke otak. hal ini akan mengakibatkan otak kekurangan nutrisi dan oksigen.

3. UNTUK MENENANGKAN
(+) KACANG-KACANGAN ATAU YOGHURT RENDAH LEMAK
asam amino dapat memberikan efek tenang atau mengurangi efek gugup. asam amino yang dimaksud adalah Lisin dan agenin. yoghurt kaya akan lysin sedangkan kacang-kacangan kaya akan agenin.
(-) SODA
meminum soda dalam jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan orang lebih rentan untuk mengalami depresi dan gugup.

4. UNTUK KONSENTRASI
(+) PEPPERMINT (SESUATU YANG MEMILIKI RASA MINT)
aroma dan rasa dari daun mint dapat meningkaykan kinerja dan ketahanan otak.
(-) PERMEN
mengkonsumsi makanan yang memiliki komposisi gula akan membuat otak berada pada kondisi santai. hal ini dikarenakan glukosa yang ada pada gula akan membuat kadar gula dalam darah tidak seimbang. hal ini lah yang akan menyebabkan ‘kebingungan’ dalam otak.

5. PEMBANGKIT MOOD
(+) BAYAM DAN COKLAT
sayuran hijau dan coklat kaya akan vitamin B yang bagus dalam merangsang produksi hormon yang dapat menimbulkan mood yang bagus seperti serotonin, dopamin, dan neropinephrin. kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan timbulnya rasa gugup, mood yang tidak baik, bahkan depresi.
(-) COKLAT PUTIH
coklat putih sebenarnya tidak dibuat dari biji coklat, jadi mengkonsumsi coklat putih tidak akan menambah produksi hormon yang dapat memperbaiki mkood.

0 comments

Posting Komentar