Bunga Matahari, Si Kaya Kandungan

Minggu, 10 Mei 2009

Bentuknya yang sangat mencolok, membuat bunga matahari sangat terkenal dan khas. Tak hanya itu, nyaris seluruh tubuhnya punya kandungan berkhasiat yang dapat dimanfaatkan. Simak apa saja yang ada padanya:

1. Bunga: kuersimeritin (flavon glikosida), sianidinmono glukosida (antosian glikosida), xantofil, kholina, betaina, dan sapogenin.

2. Biji: protein, globulin, albumin, glutolin, dan asam amino esensial.

3. Buah: minyak lemak dengan kholina, lesitin, betaina, dan zat samak.

Khasiatnya meliputi:
1. Bunga: analgesik, antipiretik, dan hipotensif.
2. Akar: anti inflamasi, analgesik, antitusif, dan diuretik.
3. Daun: anti inflamasi, analgesik, dan antipiretik.

Tabib yang Handal
Jangan disangka ia hanya indah dipandang. Siapa kira, bunga matahari ternyata tabib handal. Beragam penyakit pun bertekuk lutut di hadapannya.

Keputihan
Untuk ramuan pengusir keputihan, siapkan 4 gram akar bunga matahari, 5 gram daun beluntas, 5 gram tapak liman, dan 4 gram daun seribu segar. Masukkan semua bahan ke dalam 120 ml air, lalu didihkan selama 15 menit. Setelah itu, saring dengan kain bersih, dan peras. Biasanya, volume air akan menjadi di bawah 100 ml. Tambahkan sedikit air mendidih hingga mencapai 100 ml. Setelah itu minum sekali sehari 100 ml. Ulangi selama 4 hari.

Tekanan darah tinggi
Sediakan 10 gram kepala bunga matahari dan 4 gram rambut buah jagung, lalu masukkan ke dalam air bersih 110 ml. Didihkan selama 15 menit. Saring dan peras. Biasanya, volume air akan menjadi di bawah 100 ml. Tambahkan sedikit air mendidih hingga totalnya mencapai 100 ml. Silakan minum sekali sehari sebanyak 100 ml. Ulangi selama 2 minggu. Untuk pencegahan, minum ramuan ini sekali seminggu.

Demam
Untuk menurunkan panas tubuh (demam), siapkan 100 gram biji bunga matahari, sangrai selama 15 menit, lalu tumbuk hingga lumat. Tambahkan setengah gelas air bersih, lalu aduk sampai menjadi adonan seperti bubur. Oleskan adonan ini pada perut dan leher. Lakukan 2 kali sehari.

Kencing Batu
Sediakan akar, batang, daun dan bunga matahari masing-masing 4 gram, juga sedikit adas pulawaras. Masukkan semua bahan ke dalam 100 ml air, lalu didihkan selama 15 menit. Saring dan peras. Minum sekali sehari sebanyak 1 gelas.

Sakit Kepala
Untuk mengusir sakit kepala yang mendera, sediakan 7 gram kepala bunga matahari, 8 gram rimpang jahe, dan 3 rimpang teki. Masukkan bahan-bahan itu ke dalam 110 ml air, lalu didihkan selama 15 menit. Saring dengan kain bersih, lalu peras. Biasanya, volume air kurang dari 100 ml, jadi tambahkan air mendidih hingga tetap menjadi 100 ml. Minum 2 kali sehari sebanyak 100 ml, ulangi selama seminggu.

Radang Payudara
Siapkan sejumlah kepala bunga matahari (tanpa biji), potong-potong lalu jemur. Setelah itu, sangrai sampai sedikit hangus, lalu giling menjadi tepung. Ambil 15 gram tepung bunga matahari, campur dengan sedikit arak putih, tambahkan gula dan air hangat. Minum 3 kali sehari. Pada waktu minum yang pertama, tunggu sampai keluar keringat, lalu tidurlah berselimut. Niscaya, radang payudara pun berangsur lenyap.

Sumber: farrasbiyan.wordpress.com

1 comment

Anonim mengatakan...

artikel menarik dan sangat berguna....
thanks......

5 November 2009 pukul 23.43

Posting Komentar