Obat Darah Tinggi Dengan Cincau Hijau

Kamis, 14 Januari 2010

Pasti Anda tidak asing lagi mendengar nama cincau hijau. Selain sebagai minuman pelepas dahaga ketika sedang kehausan, sebenarnya daun cincau memiliki khasiat dalam mengendalikan penyakit darah tinggi (hipertensi).

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Indonesia pada tahun 1966 menunjukkan bahwa ketika seorang penderita hipertensi meminum air perasan dari daun cincau segar maka yang terjadi tekanan darah orang tersebut secara berangsur-angsur dari hari ke hari turun.

Banyak sekali zat yang terdapat dalam cincau hijau, diantaranya adalah karbohidrat, polifenol, flavonoida, lemak, vitamin A dan B. Kandungan serat yang tinggi yang dimiliki cincau dapat juga memperlancar saluran pencernaan yang sedang dalam masalah.

Hipertensi bukanlah satu-satunya penyakit yang dapat diatasi oleh tanaman yang memiliki nama latin Cyclea barbata.

Manfaat Lain Cincau Hijau :

1. Panas Perut, Tekanan Darah Tinggi
Sediakan 20 helai daun cincau hijau lalu dicuci bersih. Remas-remas lalu beri 1 gelas air minum dingin lalu saring dengan kain. Tambahkan jeruk nipis sesuai selera. Biarkan di tempat dingin sampai menjadi agar-agar. Taruh di dalam gelas dan beri madu, atau sirup atau gula aren cair yang sudah dimasak dengan pandan lali diminum.

2. Disentri
Buat ramuan seperti telah disebutkan pada nomor satu. Minum selama seminggu berturut-turut.

3. Sariawan
Lakukan dengan ramuan seperti yang telah disebutkan pada nomor satu selama 5 – 7 hari berturut-turut.

4. Bisul
Sediakan daun cincau hijau secukupnya. Cuci bersih kemudian dilumatkan dan ditempelkan ke bagian yang bernanah. Ini berkhasiat untuk mengeluarkan nanahnya.

5. Demam
Ambil rimpang tanaman cincau, cuci bersih kemudian diiris halus. Rebus dengan air secukupnya. Minum ramuan tersebut setelah matang. Bisa juga rimpang tersebut diseduh dengan air panas secukupnya kemudian diminum.

Bagaimana, tertarik untuk mencobanya? Asupan yang baik dan menyehatkan pasti membantu orang-orang dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari.

0 comments

Posting Komentar